Khasiat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi

SEHAT ALAMI

Khasiat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi


Tanaman Mengkudu'Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); koddhu (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Betawi,Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Buah mengkudu ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Penasaran? Begini cara konsumsinya. 

  
Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat , seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darahnya berada di atas 140/90. 

Tekanan darah tinggi dipicu oleh banyak faktor diantaranya, kebiasaan merokok, minum alkohol, obesitas, konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, dan stres.

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi kadang tidak menampakkan gejala. Namun, ada sebagian orang yang mengeluhkan nyeri dada, sakit kepala parah, detak jantung tidak teratur, pandangan kabur, kelelahan, saat mengalami tekanan darah tinggi. 

Solusinya, para penderita mengonsumsi obat resep dokter untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Alih-alih minum obat dokter, menurunkan tekanan darah tinggi bisa dengan mengonsumsi obat herbal atau buah-buahan. Asal tahu saja, beberapa jenis buah mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah seperti semangka.  

Buah mengkudu menurunkan tekanan darah tinggi

Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar buah mengkudu disebut? 

Pahit, bau, lembek, dan buahnya tidak berbentuk mulus

Buah mengkudu memanglah tidak cantik dan pahit. Tapi, dibalik itu buah mengkudu punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Salah satunya, buah mengkudu dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Mengutip dari situs resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung serotonin yang bermanfaat mengurangi stres serta berbagai vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Buah mengkudu ini bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin menurunkan tekanan darah secara alami alias tanpa obat kimia. 

Khasiat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi


Penderita tekanan darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi buah mengkudu bila ingin menurunkan tekanan darahnya.

Berikut bahan dan cara membuat ramuan buah mengkudu yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

  • Tiga buah mengkudu 
  • 110 ml air matang 

Anda parut ketiga buah mengkudu tersebut. Kemudian, Anda seduh parutan buah mengkudu dengan air matang dan saring. 

Anda minum air buah mengkudu tersebut satu kali sehari dan ulangi selama tujuh hari. 

Selain minum air buah mengkudu, Anda sebaiknya mulai menjalani gaya hidup sehat  dengan mengatur pola makan serta menu yang baik dan beristirahat yang cukup agar tekanan darah tinggi tidak lagi kambuh. 


Komentar

  1. Entertainment is a form of activity that holds the attention and interestof an audience or gives pleasure and delight. It can be an idea or a task, but is more likely to be one of the activities or events. animedao myanimelist

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memelihara Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Khasiat dan Manfaat Tanaman Seledri